Sat. Sep 14th, 2024

Dugaan konspirasi ini juga diperkuat oleh adanya peran Indonesia terhadap G-20 yang mana menjadi penengah antar perselisihan negara-negara termasuk Russia dan Ukraina sehingga tindakan ini dirasa merugikan Russia dengan tujuan dan latar belakang dari mengapa mereka melakukan invasi pada Ukraina.

Adapun, konspirasi ini dinyatakan dengan perbandingannya terhadap penurunan Anggaran Pendapatan & Biaya Negara (APBN) dimana dalam APBN sendiri telah melakukan subsidi terhadap bahan bakar BBM dan pangan dimana terdapat peningkatan 1 dollar AS per barel yang ditetapkan sehingga membuat bahan bakar dan pangan menjadi mencuat yang kemudian APBN tidak dapat menangguhkan beban tersebut selain kepada harga pasar di kalangan masyarakat.

Meskipun demikian, teori konspirasi ini dibantah dengan pernyataan bahwa minyak goreng tidak terlalu memiliki keterkaitan pada konspirasi ini dikarenakan konspirasi ini memuat tentang bahan bakar berupa solar, minyak tanah dan juga LPG.

Politik menjelang Pilkada dan Pemilu 2024 Politik seolah-olah tidak ingin tinggal diam dengan keterlibatannya yang memasuki area lini kehidupan masyarakat terhadap kelangkaan minyak goreng yang tengah dihadapi oleh masyarakat di Indonesia terkini. Dimana masyarakat bahkan influencer kerap kali menyinggung politik ini ikut terlibat dalam persoalan tersebut diatas. 

Dalam hal tersebut, banyak dugaan minyak goreng ini dilakukan penimbunan oleh pihak terkait dengan adanya pemilu dan pilkada serentak yang akan mendatang pada tahun 2024 yang mana hal ini dilirik dari banyaknya politikus maupun partai politik yang memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukan isu politik berupa kampanye hitam (black campaign) pada masyarakat dengan tujuan tentunya untuk memberikan keuntungan politis bagi mereka.

Sehingga konspirasi ini sangat kuat pengaruhnya dalam ranah sosial karena kampanye terselubung sedemikian rupa ini serupa dengan kampanye-kampanye yang biasa dilakukan sebagai ajang untuk mempolitisasi masyarakat agar tertarik untuk pro partai sehingga teori ini cukup membuat masyarakat berpikir akan adanya keterkaitannya dengan persoalan tersebut demikian.

Korupsi Dana oleh Pihak Terkait

Korupsi seakan telah menjadi kebudayaan masyarakat Indonesia utamanya bagi para pejabat dan pemangku kepentingan terkait dengan kebijakan-kebijakan yang diambil sehingga bukan menjadi hal biasa jika mendengar kata korupsi. Untuk itu, konspirasi ini merupakan dugaan terkuat dari mahalnya minyak goreng dan langkanya ketersediaannya dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Kreator: Putri Desma Inelni

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Kreator: Putri Desma Inelni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *